Membangun kerjasama yang baik di tempat kerja menjadi tantangan tersendiri baik bagi semua karyawan maupun pimpinan. Pada dasarnya, sebuah bisnis tidak dapat lepas dari “team work” di setiap harinya. Hadirnya tim dapat meringankan beban pekerjaan juga membantu dalam berkembangnya perusahaan, terlebih perusahaan yang masih merintis.
Jangankan perusahaan yang baru merintis, bisnis yang sudah berkembang dan maju pun tak luput dari kerja sama tim yang baik di lingkungan kerjanya. Seorang pemimpin akan berupaya untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman bagi para karyawannya.
Artikel ini akan memberikan 5 cara agar tim dapat tetap kompak dan solid untuk kemajuan perusahaan di kemudian hari. Yuk simak bersama!
Seberapa penting kerjasama tim di tempat kerja

Kerjasama tim memiliki peran penting pada tingkat kemajuan perusahaan, oleh karenanya membangun tim yang solid perlu kehadiran sosok pemimpin yang mampu merangkul dan mengarahkan.
Kamu bayangkan saja, jika perusahaan memiliki kerjasama tim yang buruk, komunikasi yang kurang baik dan semua karyawannya egois satu sama lain, bagaimana nasib bisnisnya ke depan?
Sudah dipastikan, perusahaan yang memiliki karyawan dan pemimpin yang tidak dapat menjalin kerjasama tim yang baik tidak akan bertahan lama. Sikap saling menghargai dan support pada hasil rekan kerja juga menjadi salah satu cara membangun team work.
Pentingnya kerjasama tim menjadi pengaruh bukan hanya pada perkembangan perusahaan melainkan kesejahteraan karyawan. Jika perusahaan maju, tentunya akan berdampak pada bertambahnya gaji.
Manfaat kerjasama tim
Meningkatkan produktivitas – Manfaat yang pertama tentunya, kerjasama tim dapat mempermudah pekerjaan agar lebih cepat selesai. Hal ini akan mempengaruhi produktivitas dalam bekerja.
Meningkatkan komunikasi – Tak mungkin kerjasama tanpa melibatkan komunikasi. Hadirnya kerjasama tim dapat memperlancar komunikasi antar karyawan, sebab mereka akan sering meminta bantuan satu sama lain.
Pengembangan diri – Tentunya setiap karyawan berasal dari latar belakang keilmuan yang berbeda, hal inilah yang harus dimanfaatkan setiap orang untuk mengambil ilmu sebanyak-banyaknya untuk dijadikan pembelajaran.
Terciptanya lingkungan kerja yang positif – Lingkungan kerja yang postif sudah pasti akan terbentuk, karena semua saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga, dengan teamwork yang baik, lingkungan kerja akan menjadi baik pula.
Pemecahan masalah yang efektif – Setiap bisnis memiliki permasalahannya masing-masing, namun keadiran kerjasama tim dapat meudahkan pemecahan masalah yang sedang dihadapi.
Cara membangun kerjasama tim
1. Saling support sesama karyawan
Setiap anggota akan merasa senang dan dihargai jika anggota lainnya saling mendukung dan mensupport. Cara ini dapat membuat tingkat produktivitas dalam bekerja meningkat, karena adanya dukungan dari sesama tim.
2. Bangun komunikasi terbuka
Komunikasi terbuka juga menjadi poin yang perlu diperhatikan. Melalui keterbukaan dalam berkomunikasi ini memudahkan setiap anggota mudah menyampaikan aspirasi dan masukan tanpa merasa takut terhadap tanggapan negatif.
3. Berikan kepercayaan
Kepercayaan perlu dibangun antar sesama anggota tim merupakan elemen penting dalam membangun kekompakan. Jika salah satu anggota merasa tidak dipercaya, ia cenderung akan mengubur idenya krena merasa tidak dipercaya.
4. Berikan penghargaan
Apabila salah salah satu anggota atau semuanya berhasil dalam memecahkan misi yang dituju, maka perlu adanya penghargaan untuk menguatkan kekompakan kembali.
5. Tetapkan tujuan tim
Ingatlah pada tujuan awal dibentuknya tim pada sebuah bisnis, yakni untuk mencapai tujuan bersama. Maka dari itu, penting menjaga kerjasama yang baik agar tidak terpecah belah dan lupa dengan tujuan awal.
6. Hormati setiap pendapat
Ketika salah satu anggota menyampaikan pendapat, meskipun pendapat tersebut tidak pas dengan apa yang kamu mau, maka hormatilah pendapat tersebut. Semua orang berhak berpendapat, maka dibentunya tim untuk mewadahi pendapat-pendapat tersebut untuk dijadikan satu keputusan yang tepat.
Itulah 6 cara membangun kerjasama tim yang baik di tempat kerja, jangan lupa untuk diterapkan disetiap harinya ya agar tujuan yang kalian buat dapat terwujud.
Baca juga: 8 Tips Nyaman di Tempat Kerja, Buat Pekerjaanmu Maksimal